Nike Vs Adidas

Pada tugas ini saya akan membahas perbandingan antara dua website yakni Nike dan Adidas. Seperti yang kita ketahui, dua brand ini adalah brand yang sangat popular didunia. Saya akan membahas persamaan dan perbedaan kedua website ini dalam melakukan kegiatan ecommerce mereka.

Nike

Pada saat membuka www.nike.com, akan terlihat berbagai macam warna yang menarik namun tidak terlihat norak dan juga banyak terlihat berbagai public figure dalam bidang olahraga yang menggunakan produk Nike. Dapat terlihat juga berbagai macam kategori produk seperti sepatu, tas, baju, jaket, dan lain sebagainya dan juga tiap kategori yang ditampilkan memiliki warna yang berbeda dan membuat kesan menarik. Terliahat bahwa Nike berfokus pada bidang sepakbola dan basket, ini terlihat dari nuansa yang ditunjukkan dari website ini. Dari sekian banyak jenis olahraga yang ada, basket dan sepakbola sangat menonjol.

Dalam website ini terlihat bahwa Nike memberikan kemudahan kepada customer untuk melihat kategori-ketegori yang mereka inginkan. Produk-produk yang ditawarkan pun sangat beragam. Apabila kita melihat satu produk, kita dapat melihat berbagai macam warna yang ditawarkan dan semua dapat diakses dan dinikmati secara mudah oleh customer.

Kecepatan dalam mengakses www.nike.com tergolong cepat. Tidak harus lama menunggu sehingga membuat customer tidak bosan untuk menunggu.

Adidas

Pada situs www.adidas.com memperlihatkan tampilan yang terlihat lebih formal karena pemilihan warna yang lebih sedikit. Terlihat warna putih yang mendominasi website ini. Dimulai dari awal membuka website ini hingga background dari jenis tiap produk yang ditampilkan pada website.

Pembagian jenis produk terlihat tidah terkoodinir dengan baik karena tiap kategori produk masih banyak yang tercampur sehingga para pengguna akan mengalami kesulitan dalam mencari produk kategori yang diinginkan dengan kata lain, kalau website ini tidak menjelaskan secara detail tentang produk.Desain dari website Adidas tersebut sederhana, sehingga mengesankan target pemasaran dari Adidas tidak setinggi Nike. Atau mungkin memang dimaksudkan Adidas bahwa harga mereka lebih murah daripada Nike , meskipun kenyataannya tidak selalu begitu.

Perbedaan dari http://www.nike.com dan http://www.adidas.com

  1. Perbedaan yang dapat terlihat pada tampilan warna dan background dari kedua website tersebut. Dimana Nike menggunakan warna yang beragam sedangkan Adidas memiliki warna yang sangat sederhana yaitu putih. Dari masing-masing website ini, memperlihatkan pencitraan yang dibuat oleh Nike penuh warna dan mengesankan sehingga terlihat lebih trendy dibandingkan dengan website Adidas yang terlihat sederhana dan sangat formal sehingga membentuk pencitraan yang berbeda-beda.

  2. Penggunaan fitur pada website Nike lebih mudah digunakan apabila dibandingkan dengan website Adidas. Penggunaan fitur pada website Nike sangat mudah digunakan karena lebih detail , dan lebih lengkap apabila dibandingkan dengan website Adidas. Website Adidas pun juga bagus, tapi fitur pemilihan kategori dan fitur lainnya tidak semudah fitur – fitur yang digunakan oleh Nike dalam websitenya.

  3. Themes dari flash player pada interface Adidas sedikit lebih berat apabila dibandingkan dengan Nike. Pengaturan yang digunakan Adidas pun sedikit tidak beraturan apabila dibandingkan dengan Nike.

  4. Kategori produk yang berada pada website Nike lebih jelas dan tidak bercampur seperti yang ada pada Adidas. Apabila kita memilih produk olahraga sepakbola pada website Nike maka yang keluar adalah produk olahraga sepakbola. Apabila di Adidas kita memilih sepatu warna hitam yang keluar adalah semua jenis sepatu Adidas yang berwarna hitam sehingga pengkategorian jenis produk dari Adidas tidak sefisien dari Nike.

Leave a comment